Crochet 101

Crochet Pains

Hayoo….
sudah berapa jam meng-crochet?
Pergelangan tangan mulai sakit?
Bahu cenut-cenut?
Mata kriyep-kriyep?
Saatnya istirahat!

Crochet Pains

Darlings, saya adalah seorang yang kenal betul dengan sakit-sakit di wilayah pergelangan tangan, bokong, punggung, dan pinggang. Pekerjaan saya dahulu kala meliputi posisi-posisi jongkok, nunduk, atau tiduran di dalam kotak ekskavasi, sambil korek-korek tanah dengan sabar, teliti, dan hati-hati supaya meminimalisir tulang-tulang temuan yang patah. Di waktu yang lain, saya akan berdiri sambil nunduk di hadapan meja untuk merekonstruksi tengkorak yang butuh stabilitas tangan dan keawasan mata juga. Di waktu senggang, saya malah meng-crochet yang nggak termasuk dalam kegiatan mengistirahatkan tangan. Hahahaha. Tentu saja tidak jarang tangan sakit, bahu cenut-cenut, dan gejala-gejala semacamnya.

Mengenali penyakit umum yang menyerang tendon dan tulang manusia adalah hal yang lazim bagi saya, setelah sekian tahun bergumul dengan sisa-sisa manusia di lapangan dan di lab. Guess what? Beberapa penyakit tersebut PUN saya derita. Nggak parah sih, hanya saja gejala-gejalanya sudah mulai terlihat. And trust me, you do not want to know how your bones look like after suffering from osteoarthritis, rheumatic, or carpal tunnel syndrome. 

Berkaitan dengan kegiatan crochet-meng-crochet, penyakit yang sering diderita adalah Carpal Tunnel Syndrome alias CTS alias sakit-sakit di pergelangan tangan. Betul tidak semua sakit di pergelangan tangan langsung didiagnosa sebagai CTS, namun, apa salahnya untuk mencegah sakit-sakit ringan tersebut menjadi CTS. Sumpah, ga asik banget punya CTS. Hehehehe.

pollicis brevis

Abductor pollicis brevis

Bagian tangan yang seringkali diserang rasa sakit cnut-cnut kalo kelamaan meng-crochet biasanya adalah pada otot abductor pollicis brevis, yaitu telapak tangan bagian dalam yang langsung berhubungan dengan jempol. Yuk, istirahat dulu— pijet-pijet ringan di bagian itu, lalu baru deh mulai lagi crochet-nya. Kadang, sakitnya juga bisa merambat ke abductor digiti minimi — telapak tangan bagian dalam yang langsung berhubungan dengan kelingking. Kalo sakitnya berbarengan di kedua area ini, stop dulu ya crochetnya untuk hari ini. Besok dilanjutkan lagi. Teknik Tunisian dapat menyebabkan sakit di area lengan bawah, menyerang otot brachioradialis, dan teman-teman extensor serta abductor yang letaknya sejajar dengan brachioradialis. Sip, stop dulu…. Pijet-pijet — mungking stretching dikit.

Memilih crochet sebagai pekerjaan tetap tidak membuat saya luput dari rasa cnut-cnut yang dari dulu suka menyerang. Ditambah lagi, lengan bawah sebelah kanan saya sudah pernah patah! Ugh! Sakitnya bisa sampe bahu. Teman baru saya adalah wrist & elbow support yang selalu saya pake kalo mo tidur. Seragam baru temennya daster. Hahahaha.

Berikut beberapa saran yang saya sadur dari interweb:

  1. Gunakan hakpen yang ada bantalannya. Contoh: Tulip Etimo.
  2. Lakukan latihan peregangan otot tangan dan pergelangan tangan. Inget tari ayamnya Dono Kasino Indro? Hihihhi, lucu tuuh… dan bisa dipake buat stretching.
  3. Pakai wrist & elbow support. Bisa dibeli di apotek-apotek deket rumah. Harga bervariasi sesuai merk yang dijual.
  4. ISTIRAHAT!!! Ada yang menyarankan berhenti meng-crochet setelah 2 jam, lalu sambung lagi. Sudah pada punya stitch marker kan? Jangan lupa sangkutin dulu di batas merajutnya, biar benangnya ga buyar-buyar dan bikin stress baru. HAHAHA.
  5. Pijet ringan dengan Counterpain, balsem, atau massage oil kesukaan kamu. Dilanjutkan dengan istirahat sebentar sebelum memulai kegiatan crochet lagi.

Yuk, bijak mengukur kekuatan tangan jangan sampai project gagal cuma gara-gara kita lupa istirahat! 🙂

 

signature

2 Comments

  • hahahaha, aku akuuu, ngerasaain bangeet.
    kemaren baru diurut. Masya Allaaaah, sakit bangeeeet. Ini udah mendingan. nanti mau mampir ke apotik cari wrist & elbow support. Tambah satu info lagi, penggunaan benang yang keras lebih mempercepat rasa sakitnya datang daripada benang yang lembut, dan penggunaan jarum hakpen yang salah misal nomor lebih kecil, akan lebih menambah tekanan pada jempolnya, dan jempol jadi lebih cepat sakit.

    • Hoalaaah— sama menderitanya hahahaha. Eh iya… betul mbak, lupa poin ttg halus/kasarnya benang! hahaha Aku masukkan k dalam daftar yaa.. 🙂

Leave a Comment