Crochet 101

Getting Started

Hai!

Artikel ini akan membahas beberapa hal yang sekiranya kamu butuhkan saat akan memulai untuk meng-crochet.

Crochet adalah salah satu bentuk kerajinan tangan yang butuh kesabaran ekstra. Saya mulai belajar crochet sejak SMP, yaitu saat Bu Hesty Hutabarat memandatkan seluruh murid untuk mencari dan membawa benang dan hakpen untuk muatan lokal ketrampilan. Awalnya sangaaat tidak sabar. Jenis-jenis stitch yang digunakan hanya berupa chain, single crochet, dan double crochet. But guess what? That’s all you need, to be honest. Bertahun-tahun kemudian sempat meninggalkan dunia crochet dan saya baru mulai lagi pada tahun 2012 (kebanyakan waktu ekstra di antara project lapangan).

Entah apa yang membuat saya jatuh hati lagi pada crochet. Mungkin warna-warni benang yang semakin banyak variasinya dan juga saya kemudian memahami bahwa crochet bisa diaplikasikan untuk membuat berbagai macam produk. Ditambah lagi dengan mulainya saya menggunakan Pinterest, surga pattern dan tutorial bagi para DIY-ers. Makin lama, dompet makin sepi isinya, dan saya pun memiliki keterbatasan untuk membeli barang-barang yang diinginkan. Hmm, tapi kan beberapa aksesoris bisa saya bikin sendiri, tanpa harus beli. Harga benang pun tidak begitu mahal. Oh well, sekarang mindset saya adalah bagaimana meningkatkan self-sufficiency dalam hal accesorizing. Ha! Sampai saat ini, saya tidak punya lagi budget untuk membeli tas dan ikat pinggang. Semua handmade sendiri. Yahooo!

Secara umum, hal-hal yang dibutuhkan untuk memulai crochet adalah:

1. Kemauan & kesabaran

  • Hal ini saya letakkan pada kebutuhan NOMOR SATU, karena crochet tidak akan jalan tanpa hal ini. Saya tidak akan lelah mengingatkan bahwa semua produk yang dilihat di Instagram atau Pinterest adalah hasil kerja berjam-jam, berhari-hari, dan bukan merupakan suatu kerjaan yang mudah untuk dicopy-paste. Crochet sangat butuh ketelitian dalam menghitung setiap stitch yang dibutuhkan. Saya menghindari beberapa project crochet seperti baby shoes dan amigurumi, sebab saya belum punya kesabaran untuk mengerjakan project-project tersebut. Makanya, saya sangat mengagumi orang-orang yang bisa menghasilkan produk-produk boneka kecil-kecil (astagaa!!) yang saya tau benar akan butuh kesabaran ekstra.
  • Catatan lain dari saya mengenai kesabaran ini adalah: bahwa begitu kita menemukan kunci dari setiap pattern, maka pengerjaan suatu produk akan menjadi sangat cepat dan tidak terasa bosannya.
  • Kemauan yang keras alias determinasi tinggi untuk menyelesaikan project juga sangat dibutuhkan. [Pscccht, ngomongin diri sendiri yang malasssss dan punya banyak project tertunda]. Ini pelajaran dari pengalaman, meskipun masih terus malas. Saya setuju, malas adalah sesuatu yang susah untuk dilawan. Procrastination is the best. Hahaha. Tapi, dengan determinasi tinggi lah foto-foto menarik di Instagram dan Pinterest tersebut dapat dinikmati kita semua.
  • Kenapa hal ini sangat saya tekankan? Well, sejujurnya, banyak percakapan dan diskusi saya dengan beberapa teman di dunia Line yang sangat bersemangat untuk memulai suatu project, dilengkapi dengan video tutorialnya dari Youtube. Tetapi semangat ini kemudian makin berkurang saat menemukan kesulitan. Darlings, crochet itu butuh kesabaran (tuh kan, disebut lagi). Apalagi udah download videonya dari Youtube, jadi kan bisa dipause dan diulang terus-terusan (tanpa mengurangi jatah kuota internet, hehe). Ayo, lanjutkan! Jangan putus asa. Pasti bisa!

2. Start small

  • Mulailah dengan mencoba pola yang simpel. Godaan untuk mengerjakan pola rumit pasti ada. Apalagi kalo abis liat Pinterest, hahahaha.
  • Cobalah untuk membuat produk simetris dan simpel dengan menggunakan single crochet dan double crochet, misalnya syal. Penggunaan stitch berulang ini akan membantu membiasakan tangan dalam menggunakan hakpen dan benang.
  • Pengulangan stitch juga berguna untuk melatih tension saat proses merajut. Tension ini penting, karena rajutan sebaiknaya tidak terlalu ketat ataupun terlalu longgar.

3. Peralatan & Perlengkapan

  • Benang >> Jenis benang yang dibutuhkan adalah jenis benang apapun yang sesuai dengan keinginan kamu. Foto di bawah memperlihatkan beberapa jenis benang yang tersedia di KuCrochet Yarn Shop. Idealnya, belajar crochet enak dikerjakan dengan menggunakan benang yang simpel dan berukuran besar. Namun, benang apapun bisa kok dipakai untuk belajar. Benang katun biasa dipilih untuk pemula, sebab harganya murah meriah, jadi gak begitu sakit hati kalo harus bongkar ulang.
  • Hakpen >> Sediakan hakpen yang ukurannya sesuai dengan benang yang akan kamu pakai untuk memulai project. Di blog ini ada satu artikel tersendiri yang membahas tentang berbagai ukuran hakpen dan ukuran benang.
  • Jarum tumpul >> Benda ini digunakan untuk proses finishing, yaitu menyelip-nyelipkan ekor benang yang masih menggantung di bagian belakang rajutan.
  • Stitch markers >> Benda ini digunakan untuk mengunci batas rajutan, saat akan beristirahat dan melanjutkan rajutan nantinya.
  • Gunting

4. Latihan

  • Usahakan untuk tidak menyerah dalam berlatih. Tantangan dalam crochet adalah tension, yang memang rada sulit untuk dilakukan tanpa latihan. Kadang hasil rajutan dapat terlihat mengkerut apabila tension terlalu ketat. Jadi, wajib untuk latihan.
  • Latihan juga membuat kita hafal dan paham mengenai simbol-simbol yang digunakan dalam pattern crochet.

In conclusion, crochet itu gampang-gampang susah. Tapi sangat bikin ketagihan. Hehehe. Demikian sedikit catatan mengenai apa saja yang dibutuhkan untuk mulai belajar crochet. Mudah-mudahan bisa berguna.

Leave a Comment