Crochet Pattern Crochet Tutorial

Crochet Simple Circle Granny Square

It’s been a while since I make tutorial post, and this time, it is by request. This time, I am making a tutorial on crochet simple circle granny square. I bet I have seen similar pattern/tutorial somewhere in the crowd of crochet blogs, but I think I can make one in Bahasa Indonesia for those who needs it. 🙂

Salah satu kunci untuk membuat bentuk persegi adalah angka 4. Kenapa? Jelas, karena persegi mempunyai 4 sisi. Jadi, gunakanlah jumlah stitch yang dapat dibagi dengan angka 4, seperti 8, 12, 16, dst. Granny square biasa dikerjakan secara melingkar (in rounds, kalo kata pattern luar negeri, mah..). Seperti yang sudah diketahui, bahwa granny square bisa berbentuk macam-macam. Kali ini, kita akan membuat lingkaran dulu, baru kemudian menambahkan 4 sudut agar lingkaran ini membentuk persegi. Matematiknya gampang kok 🙂 Yuk, kita mulai!

Oia— sebelum mulai bikin: untuk diingat bahwa granny square adalah project paling fleksibel yang dapat menggunakan jenis benang apapun. Yang lebih penting lagi adalah menyesuaikan ukuran benang dengan ukuran hakpen supaya hasilnya tidak mengkeret, menciut, ataupun terlalu longgar. Ingat ya… benang apapun sesuai dengan kesukaan dan kretivitas kamu.

Stitch yang akan digunakan: chain, dc2tog dan double crochet. chain 2 pada awal round nilainya = 1 dc. Dc2tog adalah 2 dc yang dikerjakan secara bersamaan. Bisa lirik Youtube dulu untuk latihan bikin dc2tog.

ROUND 1: bikin slip knot lalu chain 7 dan gabungkan menjadi lingkaran mini atau langsung bikin magic circle. chain 2, lalu tambahkan 1 chain lagi (Total=chain 3). Lanjutkan dengan 1 dc dan 1 chain, ulangi sebanyak 11 kali. (total=12dc dan 12 chain 1, termasuk si chain 3 yang pertama tadi). Kalo mo ganti warna di sini, silakan gunting benang dengan panjang ekor yang cukup, lalu siapkan warna berikutnya untuk memulai ROUND 2.

ROUND 2: kerjakan ROUND 2 sambil mengamankan ekor benang dari ROUND 1. Chain 1 lalu 1 dc pada ch-1 space dari ROUND 1, lalu chain 2 lagi. Lanjutkan dengan dc2tog dan chain 2 pada masing2 ch-1 space dari ROUND 1 (total= 12 dc2tog+12 ch-2 space). Kalo mo ganti warna di sini, silakan gunting benang dengan panjang ekor yang cukup, lalu siapkan warna berikutnya untuk memulai ROUND 3.

ROUND 3: kerjakan ROUND 3 sambil mengamankan ekor benang dari ROUND 2. Chain 2, lalu tambahkan 2 dc pada ch-2 space dari ROUND 2, lalu chain 1. Lanjutkan dengan pola 3dc+1 chain pada semua ch-2 space. (total=12 grup 3dc+1ch). Kalo mo ganti warna di sini, silakan gunting benang dengan panjang ekor yang cukup, lalu siapkan warna berikutnya untuk memulai ROUND 4.

ROUND 4: kerjakan ROUND 4 sambil mengamankan ekor benang dari ROUND 3. Pada round ini, kita akan mulai untuk membuat sudut, ya… So, pay attention. Chain 2, lalu tambahkan 2 dc dan 1 chain pada ch-1 space. Lalu 3dc dan 1 chain pada space berikutnya. Ini adalah SISI PERTAMA. Lalu, (3dc, 2ch, 3dc) pada space berikutnya. Ini adalah SUDUT PERTAMA. Lanjutkan dengan (3dc+1 ch) pada 2 space berikutnya (SISI KEDUA), lalu (3dc, 2ch, 3dc) untuk membentuk SUDUT KEDUA. Lanjutkan lagi (3dc+1 ch) pada 2 space berikutnya (SISI KETIGA), lalu (3dc, 2ch, 3dc) untuk membentuk SUDUT KETIGA. Daaan, yang terakhir: (3dc+1 ch) pada 2 space berikutnya (SISI KEEMPAT), lalu (3dc, 2ch, 3dc) untuk membentuk SUDUT KEEMPAT. Lalu slip stitch pada ch-2 yang pertama kali membentuk ROUND 4. Kunci, dan gunting. Amankan sisa ekor benang. Yaaay, gampang kan!?

Nah, kalau kamu mau bikin square-nya jadi lebih gede lagi…. tinggal diulangi ROUND 4, cuuuy… terserah sampe segede mana. Hehehe. Metode ini membuat lingkaran terlihat kecil di bagian tengah. Ada lagi metode mengerjakan lingkaran dulu sampe segede yang kita mau, baru dibikinin square, kembali: kuncinya satu >>> bilangan yang bisa dibagi EMPAT.

Motif simpel ini enak banget dipakai untuk mengerjakan slimut, baju, atau apapun – dan bisa digabungkan dengan JAYGO method (=Join As You Go). Niatnya, dibikinin video kali yaaa. Hehehe… Okeh, sampe sini dulu tutorialnya, semoga berguna 🙂

signature

Leave a Comment

%d bloggers like this: