Crochet Pattern Crochet Tutorial

Crochet Solid Granny Square 1

Holaaa!!

Tuto baru lagi nih… Pas lagi tergila-gila kembali dengan motif granny, jadinya ngubek-ngubek file foto-foto lama dan menemukan pattern Crochet Solid Granny Square 1 yang juga dipake untuk bikin Terra Incognita. Sekalian sambil belajar baca pola dengan simbol yuuk…. Silakan di-save image aja pola di bawah ini:

x

ROUND 1: chain 7 atau chain 8 lalu gabungkan menjadi lingkaran mini, atau yang suka pake magic circle, silakaaan. 🙂 Lanjutkan dengan chain 2 (=dc pertama), tambahkan 3dc lagi ke dalam lingkaran mini, dan chain 3 (=sudut PERTAMA). Lanjut lagi dengan 4 dc ke dalam lingkaran mini dan chain 3 (=sudut KEDUA). Ulangi untuk membentuk sudut KETIGA dan KEEMPAT.

 

 

ROUND 2: Mengikuti pola diagram, langsung chain 2 untuk memulai ROUND 2. Lalu tambahkan 1 dc pada 3 stitches berikutnya. Sekarang sampai pada chain space di sudut pertama: buat 2 dc, chain 3, dan 2 dc lagi pada space tersebut. Lanjutkan ke sisi berikutnya: 1 dc pada 4 stitches berikutnya. Pada chain space sudut kedua, ulangi 2 dc, chain 3, dan 2 dc lagi pada space tersebut. Lanjutkan hingga round selesai.

 

 

Intinya: tidak ada stitches yang bebas dari dc, kecuali bagian chain 3 yang menjadi sudut runcing dari square ini. Isi semua stitches dengan 1 dc. Jumlah chain yang membentuk sudut (3ch) persegi ini memberikan efek lebih runcing jika dibandingkan dengan pola sudut yang hanya menggunakan 2 chain. Bagi yang tidak terlalu suka sudut yang terlalu runcing, bisa memodifikasi jumlah chain saat membuat sudut dari ROUND 1. Setelah dicoba, chain 3 memang ideal runcingnya, sebab kalo pake 4 chain nampak lebay bahkan cenderung memberikan efek melengkung pada sudut.

Pola square ini sangat fleksibel untuk dikerjakan dalam berbagai ukuran, dari yang mini (cuma 2 round, hingga ukuran jumbo). Selamat mencoba! 🙂

 

 

signature

Leave a Comment

%d bloggers like this: